Ingin Punya Pengikut banyak

Selasa, 08 Januari 2013

YUKTI KULLA DZII HAQQIN HAQQOH


  • YUKTI KULLA DZII HAQQIN HAQQOH :


          “Memenuhi segala macam kewajiban yang menjadi kewajiban dan bertanggung jawab tanpa menuntut hak.” Mengutamakan kewajiban daripada menuntut hak. Contoh: suami harus memenuhi kewajibannya terhadap sang istri, tanpa menuntut hak dari sang istri. Dan istri harus memenuhi kewajibannya terhadap suami, tanpa menuntut haknya dari sang suami. Anak harus memenuhi kewajibannya terhadap orang tua, tanpa menuntut haknya dari orang tua. Dan orang tua supaya memenuhi kewajibannya terhadap anak. Tanpa menuntut haknya dari sang anak. Dan sebagainya. Sudah barang tentu jika kewajiban dipenuhi dengan baik, maka apa yang terjadi haknya akan datang sendirinya tanpa diminta.
  •  DASAR/DALIL YUKTI KULLA DZII HAQQIN HAQQOH
1.      “.........dan penuhilah janji/kewajiban karena sesungguhnya janji/kewajiban itu pasti dimintai pertanggungan jawab (termasuk besok diakhirat).”
(Q. Syrat (17) Al Isrok ayat 34).

2.      “Sesungguhnya Allah menyuruh kamu sekalian supaya menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan bila kamu menetabkan hukum diantara manusia supaya kamu menjalankannya dengan adil...”
(Q. Surat (4) An Nisa’ ayat 58)

3.      “Yang disebut adil ialah memberikan segala hak (memenuhu kewajiban) kepada yang mempunyai hak.”
(Kitab Ihya Ulumuddin juz III, hal 315)

4.      Sesungguhnya Allah itu memberikan segala hak kepada yang mempunyai hak.”
(Hadits Riwayat Ibnu Majah dari Anas Bin Malik dengan sanad yang shoheh)

0 komentar :

Posting Komentar

DAFTAR ISI