Ingin Punya Pengikut banyak

Minggu, 23 Desember 2012

ANALISIS PERBANDINGAN SEPASANG


ANALISIS PERBANDINGAN SEPASANG
(Paired Comparison Analysis)

            Teknik pengambilan keputusan ini membantu kita dalam menetapkan tingkat kepentingan satu alternatif dibandingkan alternative lainnya. Teknik ini memudahkan proses pemilihan masalah yang paling penting untuk diselesaikan, atau memilih alternative solusi yang paling akan mendatangkan manfaat terbesar bagi organisasi. Analisis ini membantu kita dalam menetapkan skala priorotas terutama sekali bila terdapat konflik pemanfaatan atas sumber daya yang terbatas. Analisis menjadi penting ketika kita tidak memiliki data yang lengkap dan obyektif untuk mendasarkan pilihan kita.
            Langkah-langkah penggunaan teknik ini dapat dijabarkan sebagai berikut:
1.      Daftar seluruh pilihan yang kita miliki
2.      Gambarkan tabel pilihan yang terdiri dari baris dan kolom pilihan
3.      Pergunakan tabel untuk membandingkan antara satu pilihan dengan pihak lain.
4.      Untuk setiap perbandingan tentukan mana dari dua perbandingan yang paling penting, kemudian tetapkan nilai untuk menunjukkan tingkat kepentingan. Perbedaan nilai kepentingan dapat ditentukan sesuai dengan jumlah pilihan. Bila terdapat empat pilihan maka skor bervariasi antara 0 (tidak ada perbedaan, tidak penting) sampai 4 (ada perbedaan, penting sekali).
5.      Satukan seluruh hasil dengan menambahkan nilai total untuk setiap pilihan. Nilai ini dapat dikonversi ke dalam persentase.
Contoh kasus:
Seorang wirausahawan sedang mencari cara yang tepat untuk meluaskan pasar produknya. Pilihan yang dimiliki:
1.    Perluas pasar produk ke luar negeri
2.    Perluas pasar produk di dalam negeri
3.    Tingkatkan pelayanan jasa pada pelanggan
4.    Tingkatkan kualitas produk

Seluruh pilihan terikat pada keterbatasan sumberdaya. Keputusan apa yang harus diambilnya? Pertama gambar tabel paired ompared analysis seperti berikut:
Tabel 11
Tabel awal paired comparised analysis
                         Pasar Luar    Pasar Dalam      Kualitas              Kualitas
                          Negeri(A)     Negeri(B)         Pelayanan(C)     Produk (D)
Pasar Luar  Negeri(A)      
X



Pasar Dalam  Negeri(B)      
X
X


Kualitas Pelayanan(C)
X
X
X

Kualitas Produk(D)
X
X
X
X
Perhatikan daerah yang disilang. Kemudian bandingkan setiap pilihan. Tulis angka dari pilihan yang paling penting dan nilai perbedaan kepentingan diantara pilihan.

Tabel 12
Tabel paired comparised analysis yang terisi
                         Pasar Luar    Pasar Dalam      Kualitas              Kualitas
                          Negeri(A)     Negeri(B)         Pelayanan(C)     Produk (D)
Pasar Luar  Negeri(A)      

A,2
C,1
A,1
Pasar Dalam  Negeri(B)      


C,1
B,1
Kualitas Pelayanan(C)



C,2
Kualitas Produk(D)





Langkah terakhir adalah menghitung nilai total setiap pilihan dan merubah nilai tersebut ke dalam persentase.

Pilihan                                             Perbandingan                                       Nilai
     A               1. Pasar Luar Negri Vs Pasar dalam Negri                              A,2
                       2. Pasar Luar Negri Vs Tingkatkan Kualitas Pelayanan          C,1
     B               3. Pasar Luar Negri Vs Tingkatkan kualitas Produk                A,1    
                       4. Pasar dalam Negri Vs  Tingkatkan Kualitas Pelayanan       C,1 
     C               5. Pasar dalam Negri Vs Tingkatkan kualitas Produk              B,1       
                     6. Tingkatkan Kualitas Pelayanan Vs Tingkatkan                    C,2
                         kualitas Produk 
    D              7. Perbandingan Kosong                                                              0
Sehingga kita dapatkan total penilaian kepentingan sbb:
1.      A = 3 (37.5%)
2.      B = 1 (12.5%)
3.      C = 4 (50%)
4.      D = 0
Dimana nilai A = 3 didapat dari penjumlahan A,2 dam A,1. Dari total nilai tingkat kepentingan tersebut, maka dapat diambil keputusan untuk meningkatkan kualitas pelayanan terhadap pelanggan (pilihan C), baru kemudian mengatasi masalah perluasan pasar ke luar negri (pilihan A), baru kemudian memutuskan untuk menyelesaikan masalah perluasan pasar dalam negri (pilihan B). Pilihan D, peningkatan kualitas produk tidak, dan belum, menjadi prioritas utama, karena kualitas produk perusahaan dianggap baik.

Kesimpulan: Teknik paired comparison merupakan metode yang baik untuk mengukur kepentingan relatif (relative importance) dari sejumlah alternative solusi dan tindakan.

0 komentar :

Posting Komentar

DAFTAR ISI