ANALISIS
PERBANDINGAN SEPASANG
(Paired
Comparison Analysis)
Teknik pengambilan
keputusan ini membantu kita dalam menetapkan tingkat kepentingan satu
alternatif dibandingkan alternative lainnya. Teknik ini memudahkan proses
pemilihan masalah yang paling penting untuk diselesaikan, atau memilih
alternative solusi yang paling akan mendatangkan manfaat terbesar bagi
organisasi. Analisis ini membantu kita dalam menetapkan
skala priorotas terutama sekali bila terdapat konflik pemanfaatan atas sumber
daya yang terbatas. Analisis menjadi penting ketika kita tidak
memiliki data yang lengkap dan obyektif untuk mendasarkan pilihan kita.
Langkah-langkah
penggunaan teknik ini dapat dijabarkan sebagai berikut:
1.
Daftar seluruh pilihan yang kita miliki
2.
Gambarkan tabel pilihan yang terdiri dari baris dan kolom pilihan
3.
Pergunakan tabel untuk membandingkan antara satu pilihan dengan
pihak lain.
4.
Untuk setiap perbandingan tentukan mana dari dua perbandingan yang
paling penting, kemudian tetapkan nilai untuk menunjukkan tingkat kepentingan.
Perbedaan nilai kepentingan dapat ditentukan sesuai dengan jumlah pilihan. Bila
terdapat empat pilihan maka skor bervariasi antara 0 (tidak ada perbedaan,
tidak penting) sampai 4 (ada perbedaan, penting sekali).
5.
Satukan seluruh hasil dengan menambahkan nilai total untuk setiap
pilihan. Nilai ini dapat dikonversi ke dalam persentase.
Contoh kasus:
Seorang wirausahawan sedang mencari cara yang tepat untuk meluaskan
pasar produknya. Pilihan yang dimiliki:
1.
Perluas pasar produk ke luar negeri
2.
Perluas pasar produk di dalam negeri
3.
Tingkatkan pelayanan jasa pada pelanggan
4.
Tingkatkan kualitas produk
Seluruh pilihan terikat pada keterbatasan sumberdaya. Keputusan apa
yang harus diambilnya? Pertama gambar tabel paired ompared analysis seperti
berikut:
Tabel
11
Tabel
awal paired comparised analysis
Pasar Luar Pasar Dalam Kualitas Kualitas
Negeri(A) Negeri(B) Pelayanan(C) Produk
(D)
|
||||
Pasar
Luar Negeri(A)
|
X
|
|||
Pasar
Dalam Negeri(B)
|
X
|
X
|
||
Kualitas
Pelayanan(C)
|
X
|
X
|
X
|
|
Kualitas
Produk(D)
|
X
|
X
|
X
|
X
|
Perhatikan
daerah yang disilang. Kemudian bandingkan setiap pilihan. Tulis angka dari
pilihan yang paling penting dan nilai perbedaan kepentingan diantara pilihan.
Tabel
12
Tabel
paired comparised analysis yang terisi
Pasar Luar Pasar Dalam Kualitas Kualitas
Negeri(A) Negeri(B) Pelayanan(C) Produk (D)
|
||||
Pasar
Luar Negeri(A)
|
A,2
|
C,1
|
A,1
|
|
Pasar
Dalam Negeri(B)
|
C,1
|
B,1
|
||
Kualitas
Pelayanan(C)
|
C,2
|
|||
Kualitas
Produk(D)
|
Langkah
terakhir adalah menghitung nilai total setiap pilihan dan merubah nilai
tersebut ke dalam persentase.
Pilihan Perbandingan Nilai
A 1. Pasar Luar Negri Vs Pasar
dalam Negri
A,2
2. Pasar Luar Negri Vs
Tingkatkan Kualitas Pelayanan
C,1
B 3. Pasar Luar Negri Vs
Tingkatkan kualitas Produk
A,1
4. Pasar dalam Negri
Vs Tingkatkan Kualitas Pelayanan C,1
C 5. Pasar dalam Negri Vs
Tingkatkan kualitas Produk
B,1
6. Tingkatkan Kualitas
Pelayanan Vs Tingkatkan C,2
kualitas Produk
D 7. Perbandingan Kosong 0
|
Sehingga kita
dapatkan total penilaian kepentingan sbb:
1.
A = 3 (37.5%)
2.
B = 1 (12.5%)
3.
C = 4 (50%)
4.
D = 0
Dimana
nilai A = 3 didapat dari penjumlahan A,2 dam A,1. Dari total nilai tingkat
kepentingan tersebut, maka dapat diambil keputusan untuk meningkatkan kualitas
pelayanan terhadap pelanggan (pilihan C), baru kemudian mengatasi masalah
perluasan pasar ke luar negri (pilihan A), baru kemudian memutuskan untuk
menyelesaikan masalah perluasan pasar dalam negri (pilihan B). Pilihan D,
peningkatan kualitas produk tidak, dan belum, menjadi prioritas utama, karena
kualitas produk perusahaan dianggap baik.
Kesimpulan:
Teknik paired comparison merupakan metode yang baik untuk mengukur
kepentingan relatif (relative importance) dari sejumlah alternative
solusi dan tindakan.
Daftar Puustaka: http://beritainformasibaru.blogspot.com/
0 komentar :
Posting Komentar